RSS

2 Desember 2011

Eksekusi Pesan Iklan

Dalam sebuah keputusan eksekusi pesan diperlukan sebuah daya tarik sebuah iklan, yaitu:
1. Daya tarik selebritis (seleb dipakai sebagai figur dalam masyarakat yang bisa memperkuat dan mendorong konsumen agar mau mengkonsumsi sebuah produk. Contohnya Michael Schumacher sebagai bintang iklan jam omega)
2. Daya tarik humor (humor digunakan sebagai bumbu untuk memicu perhatian agar konsumen terpengaruh untuk membeli produk, contoh iklan Telkomsel yang dibintangi oleh pelawak Sule)
Humor merupakan salah satu hal efektif dalam penyampaian iklan, karena:
-Humor merupakan metode efektif untuk menarik perhatian konsumen
-Menyempurnakan kesukaan terhadap iklan maupun merk
-Tidak merugikan secara keseluruhan
-Tidak memberikan keunggulan terhadap nonhumor untuk meningkatkan persuasi
-Lebih berhasil untuk mempertahankan produk dibandingkan untuk memperkenalkan produk
-Cocok pada produk yang berorientasi pada perasaan
3. Daya tarik rasa takut (cocok untuk memperbaiki motivasi)
Mengidentifikasi rasa takut meliputi mengidentifikasi konsekuensi negatif jika tidak menggunakan produk dan mengidentifikasi konsekuensi terhadap perilaku yang tidak aman. Contohnya minum, merokok dan menelepon saat sedang menyetir.
4. Daya tarik rasa takut kita dapat melihat tanggapan dari target pasar (efektif jika penerima pesan percaya diri dan lebih suka mengendalikan bahaya daripada menghindarinya, sertapenerima pesan yang bukan sebagai pemakai produknya) contohnya mencegah orang bukan perokok untuk tidak merokok dibandingkan menghentikan orang yang perokok dan iklan permen lolypop chupa chups menggunakan pendekatan seorang cowboy yang perokok.
5. Daya tarik kesalahan (menggunkan daya tarik kesalahan dan berusaha digantikan dengan produk yang diiklankan)
6. Daya tarik komparatif atau perbandingan (contoh iklan kebun binatang: daripada membeli boneka seharga $30, lebih baik melihat jerapah asli di kebun binatang $7)
7. Daya tarik positif atau rasional (berfokus pada praktek, fungsi atau kebutuhan konsumen, secara optimal terhadap suatu produk yang memberikan manfaat pada sebuah merk)
8. Daya tarik emosional (berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen yang termotivasi untuk membeli karena factor emosional terhadap suatu produk yang dianggap lebih penting dibandingkan hanya tahu kegunaan produk tersebut)

*Gaya dalam pelaksanaan pesan iklan:
1.Menjual langsung (straight sell) contohnya gaya iklan air france dengan judul Flying Cheapy langsung tertuju pada konsumen, terbang murah walaupun tidak duduk tapi masih bisa gantung.
2. Potongan kehidupan (slice of life) didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari, contohnya iklan indomie, dulu jualan indomie, sekarang jadi sarjana.
3. Life style (gaya hidup) menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup, contohnya iklan Lee Jeans menggambarkan gaya hidup yang cuek dan santai.
4. Khayalan (fantasi) menciptakan fantasi disekitar produk tersebut atau penggunanya, contohnya iklan shampoo membuat orang berimajinasi memakaishampo tersebut, rambut akan menjadi berkilau, padahal tidak
5. Suasana/citra (mood/image) menciptakan pendekatan yang membangkitkan suasana/ citra disekitar produk yang menciptakan sebuah sugesti, contoh iklan avanza menggambarkan suasana bersama keluarga
6. Symbol kepribadian menciptakan sebuah karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut, contoh Marlboro karakternya macho
7. Keahlian teknis menciptakan pendekatan, keahlian, pengalaman dan kebanggan perusahaan dalam memproduksi produknya dengan teknis yang akurat, contoh masako
8. Bukti ilmiah menggunkan pendekatan dengan menyajikan bukti survey/ilmiah/ lab untuk memperkuat bukti kualitas sebuah produk, contoh asuransi, obat-obatan (testimoni, memakai obat tertentu akan sembuh)
9. Bukti kesaksian menggunakan sebuah personal saat menggunakan produk dan memberikan komentar kepada khalayak.

*Dalam iklan, ada 10 yang penting:
1. Name of product, contoh iklan Whisky White Horse, nama dan iklannya dituang muncul kuda putih
2. Product itself, langsung spot ke produknya, contoh coklat M&M ada bentuk mahkotanya pakai coklat
3. Packaging, menyorot bentuk packaging, contoh iklan vodka absolute purity memakai latar air terjun bentuk botol
4. How the product it’s made, contoh iklan burger butuh berapa bahan tertentu untuk produksi burger
5. Product history, contoh jamu cap tertentu sudah ada sejak kapan
6. Something happened around us, contoh iklan muka orang dibentuk tulisan, orang yang dipakai adalah orang yang sedang booming
7. Without the product, contoh hubungan intim tanpa kondom seperti bersama kalajengking akan terkena aids dan iklan children hospital yang slogannya jangan perlakukan anak kecil seperti dewasa
8. What happened with product, contoh iklan Volvo, setan tidak bisa mengejar mobilnya, jadi terkesan aman dan iklan diet pepsi yang orangnya bisa masuk ke kandang tikus
9. What happened with the product & without the product, contoh detergen yang disajikan tayangan before and after dalam hal menghilangkan noda
10. Media where the product will run for, contoh iklan beras tidak efektif jika diiklankan di televisi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar