RSS

Jumat, 04 November 2011

Menyiasati Iklan Akrobat

Iklan akrobat adalah iklan yang dibatasi penggunaannya dalam masyarakat.
Akrobat adalah kepanjangan dari Alkohol, Kondom, Rokok dan Obat-obatan.

*Aturan Iklan Rokok adalah:
Secara tegas melarang memperlihatkan produk rokok dan asapnya justru menguntungkan dan membebaskan pembuat iklan. Maksudnya pembuat iklan menjadi kreatif dan mengembangkan ide-ide yang baru.
Ide mereka melanglang buana dengan hanya mengambil salah satu atribut dari brand tersebut yang dianggap paling pantas untuk menjadi landasan kreaif. Maksudnya karena dihimpit, idenya menjadi melanglang buana (out of box) sehingga memacu otak untuk menciptakan ide-ide kreatif yang baru.

*Aturan iklan Farmasi:
Iklan farmasi merepotkan biro iklan, karna ada kata-kata dan visual yang tidak boleh digunakan dan ada juga yang justru harus dicantumkan.
Pihak POM sering menghakimi, tidak jelas mana yang melanggar dan yang tidak melanggar.
Dalam menyiasati aturan iklan farmasi, perlu pengertian klien bahwa iklan yang serius tidak harus penanganannya juga serius.

Iklan kondom masih berpeluang untuk tetap kreatif karena tidak berbahaya seperti menelan obat, jadi tidak terlalu ketat.
Iklan alkohol sangat dilarang untuk dipublikasikan di media elektronik dan sebagian media terkemuka (above the line).
Iklan alkohol sangat inspiring bagi pembuat iklan. Itulah sebabnya iklannya umumnya sangat kreatif.
Akibat aturan atau larangan tersebut, karena tidak boleh beriklan di Above The Line, jadi tidak banyak iklan yang bisa kita lihat.
Tidak ada ide untuk menyiasati aturan tersebut, selain bergerilya di Below The Line dan Event.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar