Jumat Pagi, diawali dengan datang kepagian karna tidak macet seperti biasanya. mungkin karena hari ini hari jumat dan mendekati weekend jadi volume kendaraan Tangerang - Jakarta agak berkurang.
aku masuk kelas, dan saat masuk kelas, ternyata masih kosong , lampupun belum dinyalakan. aku masuk dan langsung menggambil tempat strategis untuk duduk.
07.20/25 aku lupa bapak santo datang seperti biasa tidak terlambat. datangnya pak santo menandakan kalau perkuliahan akan dimulai. perkuliahan seperti biasa dimulai dengan kata-kata pengantar sebelum masuk kedalam materi perkuliahan yang akan di bawakan hari ini.
* Peran Periklanan
a. karena produsen dan konsumen tidak berbicara dengan bahasa yang sama maka keduanya tidak saling mengerti.
b. Periklanan menjadi 'penerjemah' sehingga semakin memudahkan produsen 'berbicara' kepada konsumennya.
c. tidak sekedar mengkomunikasikan alasan rasional bagi konsumen untuk membelanjakan uangnya, melainkan juga membangun sebuah identitas produk dalam pemikiran konsumen.
d. periklanan membentuk sebuah simpati antara produsen dan konsumen sehingga dengan bejalannya waktu menjadi sebuah aset paling berharga yang dapat dimiliki oleh produsen.
*Yang Dilakukan Periklanan
A. menciptakan dan membangun merek dan mempengaruhi persepsi konsumen.
B. Periklanan dapat menciptakan :
1. Kesadaran merek
2. Arti sebuah merek
3. Pengharapan akan sebuah merek ( ada uang ada kualitas )
4. identitas merek
5. bayangan dari sebuah merek
C. Iklan menciptakan dan memberikan 'nyawa' bagi sebuah merek.
D. Iklan memberikan nilai lebih pada sebuah produk.
* Prinsip-prinsip Penting Periklanan
1. Iklan yang baik menghargai perhatian konsumen karena dibuat dengan ide-ide yang menarik.
2. Tanggapan konsumen adalah titik awal dalam merencanakan dan menciptakan iklan.
3. Periklanan hanya bisa dibuat khusus untuk satu macam produk atau jasa saja.
4. Periklanan bukan semata-mata mengirimkan pesan kepada konsumen namun menciptakan rangsangan yang tepat dan meninggalkan tanggapan (respon) yang diinginkan.
* Kunci Berhasilnya sebuah Komunikasi
1. Rencanakan sebuah komunikasi brand yang efektif, tidak akan tercapai tanpa komunikasi yang efektif.
2. Memahami dengan baik bagaimana perilaku seseorang dalam berkomunikasi tidak akan tercapai tanpa pemahaman konsumen yang baik.
3. Ciptakan ide yang cukup besar untuk bekerja dengan baik di setiap saluran komunikasi.
Di akhir dari perkuliahan hari ini bapak santo memberikan tugas untuk membuat blog yang dimana aku harus curhat tentang apa saja yang di dapat dari perkuliahan hari ini.
yang aku dapat hari ini banyak sekali salah satunya yang paling kena banget dengan apa yang aku hadapi saat ini adalah, ketika kita memulai sesuatu kita harus mengerjakan itu sampai akhir jangan berhenti di tengah jalan. melalui cerita bapak santo hari ini tentang bagaimana dia sempet menyesal masuk kuliah desain tapi dia bisa menyelesaikannya. itu yang aku rasakan, di semester 3 ini tadinya sempet galau tapi gak niat untuk berhenti sih itu semua karena gak kuat banyak banget tugas di semester 3 ini dan semua tugasnya bener-bener berat tapi setelah denger cerita pak santo, aku belajar untuk menyelesaikan apa yang sudah aku mulai. aku masih punya cita-cita , aku masih punya utang sama orang tua kalau aku harus sarjana dan aku masih punya keinginan foto pake toga trus punya gelar sarjanan ilmu komunikasi.
ini cerita hari ini. apa cerita muuuuuuu ^^
0 komentar:
Posting Komentar