HELLO FRIDAY ^^
today is the last day and tomorrow IS HOLIDAY. that's why i thank God it's friday hehehe .
hari ini adalah pertemuan ke empat perkuliahan dasar-dasar periklanan . dan hari ini pembahasan materinya adalah Segmentasi Pasar
Apasih Segmentasi Pasar itu ?
menurut dari apa yang dijelasi pak santo, saya dapat merangkum bahwa segmentasi itu adalah pengelompokan pasar yang dilakukan sebelum mengeluarkan suatu produk berupa barang atau jasa, agar produk yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. tujuan dari segmentasi pasar adalah, produsen merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen di pasar tertentu.
NB : Sebuah tim pemasaran dan periklanan selalu memantau situasi pasar produk tertentu untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen dan kebutuhannya segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya.
SEGMENTASI PASAR
-> Demografis : Usia, gender, ukuran, keluarga, tahap siklus hidu[, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, agama, RAS atau kebangsaan.
-> Geografis : Daerah, ukuran populasi, kepadatan dan iklim.
-> Behavioritis : Manfaat - manfaat yang dicari, penggunaan volume, loyalitas penduduk.
-> Psikografis : Gaya hidup dan kepribadian.
a. Segmentasi Demografis
Memakai acuan segmentasi geografis bagi para pemasar di rencanakan mereka seringkali terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku beli konsumen serta dapat langsung di ukur.
b. Segmentasi Geografis
Masyarakat suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lain.
c. Segmentasi Behavioristis
Para perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi kelompok menurut manfaat yang mereka cari, penggunaan volume dan loyalitas merek.
d. Segmentasi Psikologis
Disebarkan pada gaya hidup atau kepribadian. Penentuan gaya hidup di dasarkan pada kegiatan analisis. kegiatan minat dan opini . pada dasarnya kepribadian yang konsisten akan melahirkan sebuah gaya hidup.
JENIS - JENIS PASAR
Pasar biasanya berarti tempat dimana terjadi pertukaran antara penjual dan pembeli dalam hal ini pasar yang kita bicarakan yang bearti daerah dimana barang-barang dijual terdiri dari berbagai macam tipe pembeli pasar.
Tipe - tipe Pasar
a. Customer
pasar customer terdiri dari orang-orang yang membeli produk dan serius untuk keperluan pribadi atau keperluan keluarga sehari-hari.
b. Bussiness to Bussiness
Perusahaan ke perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produksi mereka.
c. Institusional Market
Pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas.
d. Reseller
Pengecer merupakan fakor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan dari produk yang dijual tersebut.
ADVERTISING
-> Advertising --> Ad- vertere ( mengalihkan suatu pandangan )
-> Reklame --> ( Latin ) re ( di ulang atau lagi ) clame ( berteriak atau berseru ) sesuatu yang di ulang- ulang.
Advertising memberikan informasi tentang produk atau jasa tertentu sehingga konsumen dapat menjatuhkan pilihan yang relevan.
No Buying -- > No Advertising --> No Choosing
IKLAN
--> Penyampaian suatu gagasan, produk atau jasa
--> Di tujukan kepada khalayak sasaran melalui media massa
--> Mengharapkan hasil atau keuntungan tertentu
--> Ada sponsor yang jelas
JENIS - JENIS IKLAN
a. Iklan Komesial
Iklan yang bertujuan mendukung kampanye, pemasaran suatu produk atau jasa. biasanya disebut dengan comercial. iklan komersial dikomunikasikan melalui media-media konvension maupun new media.
b. Iklan Non- Komersial
Ikaln nonkomersial banyak jenisnya. Iklan non komersial merupakan baguian dari kampanye social marketing yang bertujual menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat.
iklan jenis ini biasanya disebut layanan masyarakat atau public service advertising.
Pesannya berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah kebiasaan atau perilaku masyarakat.
c. Iklan coorporate
Iklan yang bertujuan untuk membangun citra ( image ) suatu instansi atau perusahaan dengan tujuan komunikasi membangun citra positif atau barang atau jasa.
Kampanye iklan coorporate idealnya dilakukan bersama kampante public relation.
Iklan coorporate akan efektif bila didukung dengan fakta-fakta yang kuat yang mempunyai nilai berita, dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.
23 September 2011
08.22 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar