Jumat pagi di pertengahan bulan september. seperti biasa aku masuk selalu datang kepagian stetiap hari jumat mungkin karna ini adalah hari menjelang weekend -_-" . tapi kali ini saat masuk kelas ternyata ada perempuan yang lebih pagi lagi datangnya dia sendirian dan sudah menyalakan lampu kelas.
seperti biasanya pak santo selalu datang tepat waktu, bahkan sebelum waktunya. sungguh-sungguh tepat waktu. kelas hari ini membahas mengenai definisi periklanan.
1. Definisi Periklanan
Periklanan adalah komunikasi komersial dan non-komersial tentang sebuah organisasi dan produk-produk yang di transmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat massa.
Contoh media periklanan : Radio, televisi dan majala/koran.
* Definisi Periklanan ( AMA : Amerika Marketing Association )
Bentuk presentasin yang dibayar dari non- personal dan promosi gagasan barang-barang atau jasa dan sponsor yang jelas.
* Definisi Periklanan (Indonesian Association Of Advertising Agencies)
Segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media di biayai oleh pemekarsa yang dikenal , serta dilanjutkan kepada sebagian atau seluruh masyarakat .
2. Definisi Periklanan
a. Philip Kothler
Suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
b. AMA
Proses perancangan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan organisasi.
3. Hubungan Pemasaran dan Periklanan
Pemasaran bukan hanya penjualan produk tetapi membujuk konsumen untuk memilih satu produk ketimbang produk lainnya.
3 unsur pendukung konsep pemasaran :
--> Penemukan kebutuhan dan keinginan konsumen
contoh : Fasilitas Mobile Banking disetiap kartu GSM.
--> Mengupayakan kondisi pemasaran di seluruh organisasi (unsur penelitian) dan pengembangan, keuangan, manufaktur dan turut mendukung pemasaran.
--> Pencapaian tujuan jangka panjang mempertahankan unsur produk.
contoh : Coca cola mempertahankan image sebagai produk minuman cola nomor 1 di dunia.
4. Bauran Pemasaran ( Marketing Mix )
Marketing merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran. variabel mana dapat dikendalikan oleh perusahan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
--> William . J . Stanran
istilah yang digunakan untuk menjelaskan empat kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisas.
--> Philip Kothler
Kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang mempunyai inti dari sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, sistem distribusi dan kegiatan promosi. keempat unsur tersebut terdapat dalam kombinasi tersebut yang paling berhubungan dan saling mempengaruhi.
MARKETING MIX
a. Product
Barang atau jasa yang di tawarkan pada pasar untuk di konsumsi oleh konsumen perencanaan pengembangan, pengelolahan produk termasuk di dalamnya untuk mengembangkan pemasaran hidup suatu produk tersebut.
b. Price
Harga menduduki tempat paling penting karena akan menentukan penerimaan perusahaan. harga dapat mendukung citra sebuah produk untuk merebut hati para konsumen harga sebuah produk sudah harus mencakup biaya produksi, promosi dan laba perusahaan.
c. Place
Tempat merupakan upaya produk yang ditawarkan berada pada tempat dan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan biaya wajar. unsur yang diperhatikan adalah sebagai berikut :
1. Saluran distribusi
2. Jangkauan distribusi
3. Penyediaan barang
4. Lokasi dan transportasi
d. Promotion
Promosi merupakan salah satu variabel yang penting dalam pemasaran yang merupakan suatu proses yang berlanjut. promosi membantu pihak yang terlibat dalam pemasaran untuk memperbaiki hubungan antara konsumen dan produsen.
e. Public Relation
f. Power.
16 September 2011
07.12 |
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar